Belajar 5 Teknik Dasar Seni Peran yang Perlu Didalami dan Pahami!

Teknik dasar Belajar teater

Baik teater, drama, maupun film pasti memerlukan beberapa aktor dan aktris untuk menjadi pemeran dalam sebuah karakter drama. Dimana aktor ini bisa menjadi sebuah karier yang luar biasa jika ia mampu berakting luar biasa di setiap pertunjukan film ataupun drama. Untuk menjadi aktor yang baik perlu beberapa teknik dasar seni peran yang baik. Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa daftar teknik dasar seni peran yang perlu kalian pahami. Langsung saja simak teknik dasar lengkapnya berikut di bawah ini!

Teknik Dasar Seni Peran yang Perlu Dipelajari

1. Kefokusan

Kefokusan

Langkah teknik pertama ini yang diperlukan adalah tetap fokus kepada berbagai ragam karakter yang akan diperankan dalam sebuah cerita drama kalian. Karakter dalam cerita sendiri bisa kalian pelajari lebih lanjut dengan masuk kedalam karakter dengan menggunakna konsentrasi. Tujuan kefokusan ini sendiri ialah mengubah karakter diri pemain menjadi sebauh karakter cerita yang begitu menarik.

2. Emosi

Emosi

Selanjutnya adalah ingatan emosi yang akan sangat berpengaruh dalam memerankan sebuah peran. Menyalurkan ekspresi sebuah peran bisa kalian rasakan secara natural baik dari ingatan yang membuat ekspresi nyata. Sama halnya dengan kalian melakukan adegan tertawa terbahak-bahak, kalian bisa mengingat lucunya lelucon dari para pelawak saat datang ke stand-up comedy dan hal lain sebagainya.

3. Observasi

Observasi

Teknik dasar yang dijadikan sebuah alternatif lain dalam sebuah pementasan drama, yaitu Observasi. Observasi ini sendiri dimainkan untuk mengetahui bagaimana karakter cerita yang akan diperankan. Untuk melakukan observasi ini sendiri adalah dengan mengamati baik-baik serta mencari informasi mengenai karakter cerita tersebut.

4. Irama dan Tempo

Irama dan Tempo

Penggunaan irama dan tempo dibuat untuk bisa membawa penonton masuk kedalam sebuah situasi yang ada dalam sebuah drama. Irama musik ini sendiri akan menjadi pengiring untuk bisa memperoleh suasana hidup dalam sebuah cerita drama. Akan lebih menarik dan lebih berwarna jika irama dan tempo dalam sebuah cerita dibuat senatural mungkin. Hal ini juga berguna untuk menghilangkan kesan membosankan dalam film yang akan kalian perankan. Pada umumnya terdapat tiga bahan yang wajib dilatih dalam seorang pemain, hal itu ialah mimik, gestur, dan juga vokal.

Seperti yang kita tahu, ketiga bahan tersebut adalah hal penting yang wajib kita pahami dan ketahui.Jika hal tersebut bisa kita lakukan dengan baik, maka penyampaian peran kalian dalam sebuah cerita akan lebih menarik dan seru ditonton oleh para penonton.

5. Dramatis

Dramatis

Dan yang terakhir adalah salah satu hal yang cukup banyak disukai oleh para penonton. Hanya saja untuk melakukan hal dramatis ini jangan dibuat berlebihan, karena penonton tidak akan menyukainya. Teknik ini sendiri merupakan penggabungan antara ekspresi dan juga emosi. Hal yang bisa dibantu dengan perasaan dan dari ingatan semosi yang telah dijelaskan sebelumnya. Untuk memperoleh ekspresi drmaatis uang baik bisa dilakukan dengan melatih diri berkali-kali. Penghayatan sebuah peran juga bisa membantu kalian bersikap dramatis dan tetap peraya diri saat menampilkannya ya sobat.

Nah itu dia 5 teknik dasar sebuah peran yang wjaib dipahami dan diketahui oleh para pemula yang akan memasuki dunia pertunjukan teater maupun drama. Bila teknik diatas ini bsia kita lakukan dengan baik, maka akan semakin besar juga peluang ketenaran sebuah film dan diri kalian!

Anda mungkin juga suka...