Teater: Unsur dan Akting Yang Benar Dalam Teater

Teater merupakan istilah lain dari Drama namun pengertiannya sangat luas sehingga saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui arti teater dengan benar.

Teater juga dapat diartikan sebagai proses pemilihan teks atau naskah, penyajian seni, proses pemahaman hingga penikmatan dari publik atau pembaca.

Selain itu, teater juga memiliki unsur-unsurnya tersendiri. Nah, kalau kamu ingin mengetahui teater secara luas. Silahkan baca artikel ini sampai habis ya!

Unsur Dalam Teater

1. Pemeran

Pemeran atau pelaku merupakan orang yang memerankan tokoh tertentu dalam sebuah film atau cerita. Saat ini ada tiga jenis pemain yang bisa kamu lakukan dalam teater yakni peran utama, peran pembantu hingga peran figuran.

Biasanya sebutan pemeran untuk wanita adalah Aktris dan aktor untuk pria.

2. Sutradara

Sutradara sendiri memiliki arti sebagai seorang yang memimpin jalannya sebuah produksi film. Mulai dari praproduksi hingga pascaproduksi dan dari segi yang sangat luas.

Oleh karena itu, untuk menjadi seorang sutradara perlu memiliki kreatifitas dan ketrampilan yang sangat tinggi.

3. Properti

Kita semua tahu jika properti menjadi unsur yang sangat penting untuk teater. Properti sendiri merupakan perlengkapan wajib yang harus ada dalam pementasan teater.

Contoh properti seperti meja, robot, hiasan ruang atau bahkan mobil.

4. Penataan

Selain memerlukan properti yang lengkap, teater juga harus memiliki penataan seperti tata rias, tata busana, tata lampu hingga tata suasana agar pementasan teater berjalan dengan baik.

Akting Yang Baik Dalam Teater

Ada beberapa akting yang perlu dilakukan para aktor atau aktris agar bisa mementaskan teater dengan benar dan bagus.

1. Dialog

Seorang pemeran teater wajib melakukan dialog yang baik dan jelas agar naskah yang mereka baca dapat didengar dengan baik oleh para penonton.

2. Gerak

Selain memerlukan kejelasan dialog. Para pemeran juga harus bisa mengolah gerak mereka agar terlihat natural dan bagus saat melakukan dialog.

Jangan sampai melakukan gerakan yang tidak perlu ketika sedang pentas teater. Lalu para pemeran juga wajib menghayati setiap gerakan yang dilakukan.

Kesimpulan

Diatas merupakan informasi lengkap mengenai teater yang perlu kamu ketahui jika ingin memperdalam ilmu pengetahuanmu tentang film. Semoga info ini berguna untukmu dan jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu yang lain.