Teater Rumah Kenangan

Bakti Budaya Djarum Foundation dan Titimangsa Foundation menggelar pertunjukan teater Rumah Kenangan yang dihadirkan dalam pementasan berbentuk cinema play atau film.

Rumah kenangan sendiri merupakan pertunjukan baru yang digelar daring tanpa penonton. Ide menggelar pertunjukkan ini sebagai respon dari situasi pandemic virus corona yang berdampak pada dunia seni dan para pelaku yang ada di dalamnya.

“Semua mengalir secara organic dan kita sebetulnya merespon terhadap situasi. Saya berpikir gak mungkin teman – teman hanya menunggu dan berdiam diri.” Kata Happy Salma, Produser pementasan teater Rumah Kenangan.

Rumah kenangan merupakan kisah mengenai enam manusia dengan beragam karakter yang diikat karena persaudaraan.

Hal ini disebabkan oleh Pandemik Covid – 19, mereka semua terpaksa berada di dalam satu rumah bersama sebelumnya berpencar.

Ternyata segala yang selama ini terpendam, terbuka secara perlahan di dalam sebuah rumah kenangan.

Happy Salma mengatakan ide cerita itu datang dari situasi pandemic yang terjadi saat ini yang mengharuskan orang berada di rumah.

“Tadinya mau kepikiran karena di bulan Agustus apakah menyesuaikan kemerdekaan. Namun akhirnya yang memiliki relevansi tinggi berakar dari rumah karena memang pertunjukkan diadakan di satu tempat dengan tidak banyak orang.” Ujar Happy Salma.

Pementasan ini disutradarai oleh Agus Noor yang juga menulis ide cerita. Sejumlah nama pemain yang berdedikasi di film dan teater juga terlibat, seperti Butet Kartaredjasa, Happy Salma, Susilo Nugroho, dan masih banyak lagi.

Agus Noor mengatakan penggarapan pementasan rumah kenangan ini memiliki tantangan yang berbeda dibandingkan dengan pertunjukan teater pada biasanya.

“Nah, Rumah kenangan bagaimana bisa memberikan tontonan menarik ketika ditonton di gawai. Namun kita juga tidak boleh mengorbankan peristiwa di panggung hanya untuk gambar yang bagus” papar Agus Noor.

Pentas ini juga mel.ibatkian tim produksi yang telah malang melintang di dunia seni pertunjukan, yaitu Iskandar Loedin dan Deden Jalaludin Bulqini sebagai penata artistic.

Ada pula Indra Ing sebagai penata music, Retno Ratih Damayanti sebagai penata kostum, dan FourColors Production sebagai tim alih media.

Pementasan teater Rumah Kenangan diadakan pada 15 dan 16 Agustus 2020 di www.indonesiakaya.com untuk menyaksikan bisa membeli tiket seharga Rp 50.000 yang melalui laman titimangsa.or.id.

Anda mungkin juga suka...