Perbedaan Akting Panggung dan Akting Film

Akting merupakan salah satu teknik wajib yang ada dalam dunia Film. Kegiatan ini dilakukan oleh aktor dan aktris dalam memerankan suatu karakter yang ada dalam film yang diadaptasi dari sebuah skenario yang dibuat oleh sutradara.

Akting sering dilakukan dalam acara televisi, teater atau panggung dan film. Namun, apakah kamu tahu perbedaan antara akting panggung dan film? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas apa saja sih perbedaan akting yang dilakukan di depan kamera dengan akting panggung.

Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Vokal

Vokal menjadi salah satu perbedaan yang jelas antara akting film dan panggung. Saat melakukan akting panggung, para artis harus mengeluarkan suara yang jelas dan lantang supaya suaranya mampu menjangkau pendengaran penonton dari barisan terdepan hingga terbelakang.

Selain itu, para aktris yang berakting di panggung wajib memiliki artikulasi dan intonasi yang tepat. Berbeda dengan akting film dimana para aktor tidak dipusingkan dengan vokal karena mereka memasang clip on dan boom mic yang bisa meng-cover atmosfer sehingga suara yang dihasilkan bisa sesuai dengan keinginan.

2. Gerak Tubuh

Gerak tubuh pada akting panggung akan sedikit berlebihian supaya para artis mampu mempresentasikan karakter dan emosi sehingga para penonton merasa dekat dengan cerita yang sedang dilakukan oleh para artis.

Sedangkan aktor yang bermain akting di film cenderung bisa beradaptasi dari kehidupan sehari-hari. Lalu gerakan tubuh yang ada juga bisa di-cover dari berbagai sudut kamera sehingga para penonton film bisa lebih jelas merasakan emosi dengan cerita dan karakter yang diperankan aktor.

3. Mimik Wajah

Ekspresi wajah pada pemain akting panggung akan lebih jelas dan permainan mata menjadi salah satu kunci agar para aktor bisa menuturkan sebuah ekspresi seperti ketika bermain judi poker.

Hal ini sangat berbeda pada akting dalam film karena para aktor akan diekspos dari kamera dengan sudut yang banyak sehingga mimik wajah bisa tersampaikan dengan baik.

Akhir Kata

Nah, itu tadi perbedaan antara akting panggung dan film yang wajib kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat ya untuk mengembangkan bakat bermain film milikmu.