3 Cara Melatih Pernapasan Untuk Bermain Akting

Di dalam pementasan drama, diperlukan seorang actor yang memiliki vocal yang baik. Vocal yang baik bisa dilatih dengan latihan pernapasan.

Pernapasan dalam drama juga akan membantu para actor tersebut untuk mengatakan dialog dengan jelas dan lancar.

Bayangkan saja jika actor tidak memiliki kemampuan pernapasan yang baik, pasti akan berpengaruh terhadap kualitas pementasan drama tersebut.

Cara Mudah Melatih Pernapasan Untuk Akting

Cara Mudah Melatih Pernapasan Untuk Akting

Nah, untuk kalian yang berencana mengikuti sebuah acting atau drama, pertama-tama yang harus kalian lakukan adalah melakukan latihan pernapasan.

Untuk memudahkan kalian, di bawah ini kami akan memberikan cara mudahnya. Metode ini banyak digunakan oleh mayoritas komunitas teater di dunia termasuk Indonesia.

1.Latihan Mengambil Nafas

Latihan Mengambil Nafas

Pertama-tama kalian harus mengetahui terlebih dulu jenis pernapasan apa yang kamu gunakan

  • Pernapasan dada –  bisa terlihat dari dadanya yang membusung saat menarik nafas.
  • Pernapasan perut –  bisa terlihat dari perutnya yang mengembang ketika bernafas.
  • Pernapasan diafragma – pernapasan ini melibatkan otot-otot diafragma yang bisa menampung lebih banyak udara dan kualitas suaranya juga lebih baik. Bagian yang mengembang adalah belakang tubuh atas pinggu.
  • Pernapasan lengkap – pernapasan ini menggunakan dada dan perut untuk menyimpan udara sehingga udara yang dihirup sampai batas maksimum.

Setelah mengetahui jenis pernapasan apa yang kalian gunakan, kalian hanya perlu bersiap-siap mengambil nafas.

Hal pertama yang kalian butuhkan sebelum mengambil nafas adalah menenangkan pikiran dan badan. Teknik apapun akan terganggu jika kalian tidak bisa menenangkan diri.

Caranya adalah atur tubuh kalian agar tegap, posisikan kaki selebar bahu, dan rentangkan tangan untuk menjaga jarak dengan yang lain.

Jadi, sebelum memulai nafas, pastikan kamu sudah cukup rileks untuk melakukannya. Setelah rileks, mulai hirup udara lewat hidung sebanyak yang kalian bisa. Untuk hal ini biasanya tiap orang berbeda, tergantung dari kondisi fisiknya.

2.Latihan Menahan Nafas

Latian Menahan Nafas

Setelah udara masuk, alirkan udara ke dada atau perut, sesuai dengan pernapasan yang ingin dilatih. Jika udara telah masuk ke dada atau perut, usahakan untuk menahan sampai 5 detik.

Latihan menahan nafas bisa kalian gunakan bertahap. Bisa kalian mulai dengan menahan 5 detik, 10 detik, bahkan sampai 15 detik. Hal ini akan berpengaruh kepada kemampuan bernafas kalian nantinya.

3.Latihan Menghembuskan Nafas

Latihan Menghembuskan Nafas

Setelah menahan nafas, kalian bisa langsung hembuskan dengan perlahan sampai udara habis. Latihan menghembuskan nafas bisa bervariasi.

Kalian bisa sambil mendesis “sssssst”, menggumam, “mmmmmm”, atau bahkan sambil membunyikan huruf vocal “a, i, u, e, o”.

Dengan begitu, kalian bisa melatih pernapasan agar semakin baik dalam berdialog di atas panggung. Setelah latihan pernapasan sudah beres, kalian boleh langsung melatih drama lainnya yaitu olah vocal atau olah tubuh.

Setelah paham bagaimana latihan pernapasan untuk drama, kalian bisa lakukan latihan ini berulang-ulang dan secara rutin.

Selain itu, latihan pernapasan maupun olah vocal biasanya dilakukan di tempat terbuka, seperti taman atau dekat pepohonan. Hal ini akan berguna agar kalian bisa menghirup udara yang lebih sejuk dan juga segar.

Itulah 3 cara mudah untuk melatih pernapasan kalian agar siap untuk tampil menawah di panggung. Tentu saja hal ini harus diimbangi dengan latihan yang giat dan rutin. Yang terpenting adalah jangan pantang menyerah.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian.

Anda mungkin juga suka...