Fungsi Seni Teater Dalam Keseharian

Teater memiliki arti sebagai tempat atau gedung pertunjukkan. Sedangkan istilah kata ini diartikan sebagai hal yang dipertunjukan di atas pentas untuk dinikmati.

Teater dalam arti sempit bisa diartikan sebagai sebuah drama atau perjalanan hidup seseorang yang dipertunjukan diatas pentas serta disaksikan banyak orang sesuai dengan naskah yang tertulis.

Di dalam arti yang lebih luas, teater merupakan segala adegan yang memiliki peran untuk ditunjukan didepan banyak orang seperti ketoprak, ludruk, wayang, sintren, janger, mamanda, dagelan, sulap, acrobat, dan lain-lain.

Di dalam perkembangannya, istilah teater berkaitan erat dengan kata drama Diana kata teater dan drama memiliki istilah yang berbeda.

Drama sendiri merupakan istilah yang berasal dari bahasa Yunani Kuno “draomai” yang artinya bertindak atau berbuat.

Dapat disimpulkan bahwa teater berkaitan dengan pertunjukan sedangkan drama berkaitan dengan peran atau naskah cerita yang akan dipentaskan.

Jadi, teater merupakan visualisasi dari drama. Dengan kata lain drama merupakan salah satu unsur dari teater.

Seiring dengan perkembangan teknologi, peranan seni teater bukan hanya dijadikan sebagai sarana upacara maupun hiburan, namun juga sebagai sarana pendidikan.

Sebagai bagian dari seni, teater juga berperan dalam nilai efektif di masyarakat. Salah satunya adalah untuk hiburan.

Namun, selain itu ternyata masih banyak lagi fungsi yang dimiliki oleh seni teater dan berguna untuk masyarakat. Lalu, apa sebenarnya fungsi dari seni teater ini?

1.Sebagai Sarana Upacara dan Media Ekspresi

Sebagai Sarana Upacara dan Media Ekspresi

Di awal kemunculan teater, teater juga hadir sebagai sarana upacara persembahan kepada Dewa Dyonesos dan juga upacar pesta untuk dewa Apolla.

Teater di daerah Indonesia sebagian juga ada yang berfungsi sebagai keperluan untuk upacara yang biasanya disebut dengan teater tradisional.

Seni teater sebagai sarana upacara tak membutuhkan penonton karena penontonnya merupakan bagian dari peserta upacara itu sendiri.

Teater juga memiliki focus utama pada laku serta dialog dimana dalam praktiknya seniman teater akan menunjukkan seninya dalam bentuk gerakan tubuh dan ucapan.

2.Teater Sebagai Media Hiburan dan Pendidikan

Teater Sebagai Media Hiburan dan Pendidikan

Dalam fungsinya sebagai media hiburan, teater juga telah dipersiapkan dengan maksimal sebelum pementasan dengan harapan agar penonton bisa terhibur.

Karena itulah, teater perlu dipersiapkan dengan baik sehingga saat dipentaskan, penonton atau pemirsa akan merasa terhibur.

Selain itu, teater yang juga merupakan seni kolektif tidak dikerjakan secara mandiri dan memerlukan kerja tim.

Melalui sebuah pertunjukan, manusia lebih mudah mengambil nilai baik buruk kehidupan dibandingkan hanya membaca cerita.

Lewat teaterm orang akan diajak untuk berorganisai dan bekerja sama. Jika dipentaskan, teater akan memberikan pesan-pesan kepada pemirsa atau penonton.

Melalui cerita, penonton atau pemirsa tidak akan terasa terdidik untuk mengerti kebaikan dan juga kejahatan.

Itulah 2 fungsi penting sebuah teater di dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Teater sendiri memiliki beberapa jenis yang terkenal di sini, yaitu teater boneka, drama musikal, teater gerak, dan teater dramatic.

Tiap jenisnya memiliki perbedaan dan keunikannya masing-masing. namun, setiap jenisnya sangat terkenal di Indonesia.

Nah, untuk kalian yang suka dengan seni teater, tentu kalian harus mengetahui dulu apa sebenarnya fungsi dari seni teater tersebut. Dengan begitu, kalian akan menjadi lebih mudah mempelajari apa itu teater.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang saat ini sedang mencari informasi mengenai seni teater.

Anda mungkin juga suka...