Film Yang Menceritakan Sejarah Dunia

Film juga bisa membantu memvisualisasikan sebuah kejadian bersejarah dari masa lalu. Penambahan karakter asli dan beberapa unsur fiksi kadang diperlukan untuk bisa menyampaikan cerita lebih baik dan menarik.

Karena itulah, tak jarang film yang terinspirasi dari kejadian bersejarah mengubah beberapa fakta yang mungkin diketahui.

Walaupun mendapatkan pengembangan dan modifikasi di sana – sini, film berdasarkan sejarah tidak akan pernah mengubah hasil atau aftermath dari sejarah yang diketahui.

Anggap saja sebagai tontonan menyenangkan yang memuat sumber pengetahuan dari masa lalu. Nah, untuk kalian yang suka dengan film sejarah, di bawah ini kami akan berikan beberapa rekomendasi film yang menceritakan sejarah.

1.Titanic

Titanic

Siapa sih yang tak kenal dengan film legendaris ini? Semua orang pasti setuju dengan statement Titanic merupakan salah satu film romance terbaik sepanjang masa.

Mungkin malah banyak yang tak tahu bahwa film ini sebenarnya terinspirasi dari kisah nyata tenggelamnya kapal pesiar RMS Titanic di samudra pasifik utara pada 15 April 1912.

Peristiwa tersebut menjadi peristiwa bersejarah dunia karena Titanic merupakan kapal terbesar dan termewah di kala itu.

Di film cerita berfokus pada kisah asmara antara Jake dan Rose. Rose adalah kaum bangsawan yang tidak bahagia dengan pertunangannya dengan seorang pengusaha bernama Cal. Rose yang hendak bunuh diri diselamatkan oleh Jake, seorang rakyat biasa yang beruntung menang tiket naik Titanic.

Mereka pun jatuh cinta, walaupun hubungan antara dua kasta mereka ditentang oleh semua pihak. Tidak hanya Cal saja yang mengancam hubungan mereka namun tabrakan mendadak dengan gunung es membuat kapal mereka karam perlahan.

Jake dan Rose berusaha berjuang bersama untuk bertahan hidup. Film yang disutradarai oleh James Cameron ini sukses besar hingga bisa dapat Oscar.

Akting Leonardo Di Caprio dan Kate Winslet sebagai Jake dan Rose sangat penuh penghayatan. Benar-benar menghidupkan sebuah drama fiksi dari sebuah cerita kelam tentang karamnya sebuah kapal.

2.1492: Conquest of Paradise

1492: Conquest of Paradise

Film garapan Sutradara Ridley Scott yang dirilis pada tahun 1992 ini menceritakan peristiwa paling bersejarah di dunia terutama bagi bangsa Amerika.

Film ini menceritakan tentang perjalanan Christoper Colombus seorang penjelajah Eropa yang menemukan benua Amerika dan berpetualang ke Asia.

Ridley Scott sendiri populer dengan film-film fiksi ilmiahnya seperti seri Alien dan Bladerunner namun dapat menyampaikan sebuah historical drama dengan luar biasa.

Colombus selalu terobsesi ingin berlayar ke arah timur menuju Asia. Hal tersebut mendapat kecaman keras dari kaum terpelajar dan para pendeta di kala itu.

Namun setelah dipertemukan oleh sang ratu Isabella I yang memberikan izin pelayarannya namun harus kembali dengan emas dan kejayaan. Dimulailah perjalanan Colombus memutari dunia.

Film ini dibuat serealistis mungkin berbeda dari karya-karya Ridley Scott yang cenderung bernuansa fiksi. Mulai dari pemilihan kostum, gaya bicara dan berbagai detail-detail kecil dalam filmnya.

3.Kingdom Of Heaven

Kingdom Of Heaven

Film ini menceritakan tentang salah satu perang paling berpengaruh di benua Eropa yaitu Perang Salib, tepatnya peristiwa pengepungan Yerusalem oleh pasukan Saladin selama berhari – hari.

Peristiwa ini merupakan awal dari jatuhnya kota Konstantinopel yang menyebabkan bangsa Eropa melakukan Kolonialisme ke benua Asia.

Film ini diceritakan lewat sudut pandang Balian seorang penempa yang ,menjadi salah satu ksatria salib setelah diwarisi sebuah kota bernama Ibelin di Holy Land.

Di tengah memburuknya kondisi raja Baldwin IV karena penyakit kusta yang di deritanya dan aksi liar para ksatria salib yang menyerang pedagang muslim memicu amarah Saladin. Balian harus memperisapkan diri mempertahankan Yerusalem dari perang yang tak terhindarkan.

Film ini mengubah beberapa fakta sejarah mulai dari karakter Balian of Ibelin dan beberapa detail-detail peristiwa penting yang mendasari terjadinya perang Yerusalem.

Namun pada akhirnya keseluruhan cerita masih sama. Film ini juga diisi oleh aktor dan aktris ternama seperti Orlando Bloom, Eva Green dan Jeremy Irons.

Itulah beberapa rekomendasi film sejarah yang harus kalian tonton. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga suka...