Tips Cara Membuat Film Pendek yang Wajib Diketahui !

Cara Membuat Film

Apakah di antara kalian ada yang pernah ingin menjadi seorang pembuat film pendek? Dan apakah kalian tahu bagaimana caranya? Untuk pembuatan film ini sendiri dibutuhkan kedisiplinan dan kemampuan teknis yang tinggi serta melibatkan berbgaia keterampilan yang ada. Oleh sebab itu, untuk bisa terjun ke dunia akting ini bukanlah sebuah perkara yang mudah. Dimana akan ada berbagai hal yang perlu kita siapkan sebelum membuat sebuah film. Kali ini, kami akan memberikan beberapa cara membuat film pendek yang wajib kalian ketahui. Penasaran? Langsung saja simak daftar lengkapnya berikut di bawah ini!

1. Menyiapkan Sebuah Ide Cerita

Menyiapkan Sebuah Ide Cerita

Sebuah hal yang perlu kalian siapkan pertama dalam membuat sebuah film adalah membuat ide cerita. Dimana film tidak akan tercipta tanpa adanya sebuah ide cerita yang ingin kalian gunakan. Pastikan ide cerita yang kalian gunakan unik, baru, dan juga original atau belum pernah ada sebelumnya. Ide cerita yang kalian gunakan haru kreatif agar menarik untuk dinikmati oleh para penonton yang menyaksikan.

2. Melakukan Riset Awal

Melakukan Riset Awal

Selanjutnya adalah salah atu ide terbaik yang bisa kalian gunakan untuk mencari tahu latar belakang sebuah cerita yang ingin kalian gunakan. Riset ini sendiri harus sangat detail. Jika kalian ingin melakukan riset yang sederhana, kalian bisa melakukannya dengan browsing di internet mengenai sebuah cerita yang akan kalian angkat menjadi sebuah film pendek.

3. Menyediakan Peralatan Lengkap

Menyediakan Peralatan Lengkap

Perlunya menyiapkan berbagai peralatan yang kalian butuhkan. Dimana membuat sebuah film memerlukan sebuah peralatan yang tidak banyak dan juga tidak sekompleks membuat film yang tayang di bioskop. Yang diperlukan untuk membuat film ini sendiri ialah handycam atau kamera video yang lengkap dengan baterai serta charger-nya. Oleh sebab itu, kita bisa memastikan untuk membawa mikrofon tambahan dan juga kabel eksistensinya.

4. Riset Lokasi Lapangan

Riset Lokasi Lapangan

Setelah itu, kita juga perlu meriset lokasi tempat yang akan kita gunakan dalam shooting film. Dengan riset ini, kita mengetahui bagaimana kondisi yang terjadi langsung di tempat tersebut. Kondisi ini juga akan menentukan peralatan yang lengkap untuk kita siapkan dalam membuat sebuah film pendek.

5. Membuat Sinopsis

 Membuat Sinopsis

Daftar kelima ini merupakan salah satu hal pembuatan sinopsis atau film pendek yang bisa kalian buat dengan berbagai daftar gambar footage yang kalian perlukan di luar wawancara. Dari sinopsis ini, kalian juga bsia menentukan siapa saja yang harus kalian wawancarai dan mendaftar setiap pertanyaan.

6. Pengambilan Gambar

Pengambilan Gambar

Untuk proses pengambilan gambar yang maksimal ada beberapa hal yang perlu kalain siapkan. Dimana kalian bisa menggunakan daftar pertanyaan yang akan dijadikan sebagai acuan  agar wawancara dapat berlangsung secara lancar. Kalian juga bisa menggunakan tripod untuk wawancara yang berlangsung lama. Dan kalian harus memastikan melakukan wawancara ke seluruh daftar yang kalian gunakan. Pastikan kalian benar-benar cek agar tidak ada yang terlewat baik dalam wawancara maupun dalam pengambilan gambar yang kalian lakukan.

Nah itu dia 6 daftar cara membuat sebuah film pendek ayng perlu kalian pahami. Dimana ada beberapa hal yang perlu kita pahami agar pengambilan sebuah film dapat memilki kualitas yang menarik dan juga layaknya profesional. Yuk untuk kalian yang memiliki cita-cita membuat sebuah film, pelajari lebih dalam mengenai hal seputar dunia perfilman!

Anda mungkin juga suka...