Inilah Cara Membuat Film Pendek yang Wajib Kalian Ketahui!

Cara Membuat Film Pendek

Untuk membuat sebuah film oendek bukanlah hal yang sulit dan juga mahal. Dimana pembuatan film ini cukup sederhana dan hanya membutuhkan biaya yang terjangkau. Hal terpenting dalam pembuatan sebuah film adalah dengan memiliki ide cerita yang bisa berkembang dan akan berkelanjutan. Sebelum membuat sebuah film pendek, kita juga harus menentukan fokus ceritanya terlrbih dahulu. Setelah kita menentukan fokus cerita, inilah hal-hal yang perlj kalian ketahui seperti berikut ini.

1.Riset Awal

Riset Awal

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk membuat sebuah film adalah mencari tahu terlebih dahulu latar belakang film tersebut. Dimana riset ini harus sangat detail dan sederhana. Di zaman yang tengah maju dan berkembang ini, kita bisa melakukan browsing terlebih dahulu melalui internet dan bertanya kepada teman dan orang yang sudah mengalaminya. Kita juga bisa mecatat data yang bisa dijadikan bahan referensi.

2. Menyiapkan Peralatan

Menyiapkan Peralatan

Setelah itu, untuk membuat sebuah film penting bagi kita mempersiapkan perlengkapan yang kita perlukan. Dimana peralatan tersebut ialah handycam atau kamera video beserta dengan baterai dan juga charger. Selain itu, penting untuk kalian membawa mikrofon tambahan dan kabel ekstensinya, triposld, dan juga kaset kosong untuk menyimpan film yang akan kalian buat.

3. Riset Lapangan

Riset Lapangan

Waktu kalian sampai di tempat tujuan, kita harus melakukan riset terlebih dahulu. Dimana penting bagi kita memcocokkan data yang bisa didapat saat riset awal dengan keadaan yang ada di lapangan.cara melakukan riset ini juga cukup midah, dimana kita bisa melakukannya dengan jalan, ngobrol, serra nongkrong santai.

4. Membuat Alur Cerita Kasar

Membuat Alur Cerita Kasar

Kalian bjsa menentukan siapa yang mau kalian angkat sebagai tokoh dalam pemeran film kalian. Biasanya hasil riset yang akan kalian peroleh di film akan lebih spesifik dan menarik. Kalian bisa membuat alur cerita kasar dari ide tersebut. Alur cerita kasar yang dibuat ini akan menjadi pengancang dalam sebuah alur film yang kalian buat.

5. Membuat sinopsis

Membuat sinopsis

Kalian bisa membuat cerita singkat film yang kalian buat. Dimana sinopsis ini akan menjelaskan kepada pembaca sebelum mereka menontonnya. Dari sinopsis ini sendiri, kita bisa menentukan siapa yang harus kita wawancara, daftar pertanyaan apa saja yang akan menjadi point dalam film ini. Bahkan kalian juga harus mempersiapkan daftar gambar yang kalian butuhkan di luar wawancara.

6. Membuat Alur Cerita Final

Membuat Alur Cerita Final

Kaljan bisa menyesuaikan hasil catatan dengan hasil wawancara yang telah kalian buat. Dimana hal ini sangat mungkin terjadi karena hasil wawancara yang akan menghasilkan data lebih banyak dan berbeda dari apa yang telah kita siapkan sebelumnya. Dimana kita bisa perbaiki dan membuat sinopsis baru yang bisa kita susun dari hasil rekaman yang telah kita tonton berulang kali. Jika setelah selesai, kalian bisa membuat sinopsis final yang bisa kalian jadikan panduan untuk mulai mengedit. Kalian juga bisa menambahkan berbagai iringan musik latar yang sesuai. Bahkan kalian juga bisa masukkan opening tittle yang bisa menggambarkan keseluruhan film didalamnya.

Nah itu dia 6 daftar cara membuat film terbaik yang perlu kalian ketahui dan jadikan refrensi untuk pembuatan film kalian. Yuk untuk klaian yang ingin menjadi pembuat film pahami dan lakukan tips diatas ini agar memperoleh hasil yang maksimal dalam film kalian.

Anda mungkin juga suka...