Bagaimana Cara Membuat Film Kartun yang Menarik dan Berkualitas?

Cara Membuat Film Kartun

Banyak yang ingin membuat film kartun dengan durasi pendek karya sendiri. Dimana kalian bisa membuat film animasi dengan berbagai proses yang bisa dilakukan dengan banyak studio animasi professional. Kali ini, kami akan membagikan beberapa metode yang bisa kalian gunakan untuk membuat sebuah film animasi kartun. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Langsung saja simak daftar lengkapnya berikut di bawah ini!

1. Menulis Ringkasan lot Cerita

Menulis Ringkasan lot Cerita

Daftar yang pertama ini kalian bisa lakukan dengan menulis ringkasan plot. Dimana hal ini bisa kalian lakukan untuk memperoleh ide cerita yang lebih baik. Oleh sebab itu, penting bagi kalian menuliskan ringkasan plot maupun synopsis film secar kasar. Dimana ringkasan plot ini bisa mengidentifikasi siapa yang menjadi orang protagonist, antagonis, dana pa yang menjadi tujuan daripada film ini.

2. Menulis Skenario Film

Menulis Skenario Film

Setelah itu, kalian bisa memiliki ringkasan plot yang kuat. Dimana kalian harus mengerjakan draf kasar scenario untuk dijadikan sebuah film. Panjang scenario ini juga tergantung pada film yang akan kalian rencanakan. Kalian bsia membayangkan film cerita yang akan memerlukan scenario sepanjang 100 sampai dengan 120 halaman yang dibagi menjadi tiga babak utama. Jika kalian berencana menulis film pendek, kalian bisa menulisnya hanya dengan sekitar 40 sampai 50 halaman, tergantung dengan durasi film yang diinginkan.

3. Memecahkan Setiap Adegan Menjadi Serangkaian Shot

Memecahkan Setiap Adegan Menjadi Serangkaian Shot

Jika kalian harus menuangkan scenario yang panjang menjadi sebuah film. Kalian bisa membuat proses penulisan papan cerita ini menjadi lebih mudah dengan berfokus kepada satu adegan di satu waktu ternetntu dengan memecahka n setiap adegan yang menjadi serangkaian shot. Akan ada tahap shop yang dilakukan saat kamera dinyalakan untuk merekam suatu peristiwaatau aksi sampai kamera ini dimatikan untuk menandakan perekaman hingga selesai. Sehingga shot ini bisa kalian gunakan sebagai footage tanpa adanya interupsi. Kalian juga harus bisa mengevaluasi setiap shot agar bisa mengetahui apa yang diperlukan pada setiap shot sebelum membuat film.

4. Membuat Daftar Shot

Membuat Daftar Shot

Daftar shot akan membantu memberikan beberapa gambaran yang akan kalian perlukan pad asetiap shot yang ada. Dimana hal ini akan memudahkan kalian menuangkan ke dalam sebuah panel papan cerita yang terpisah. Daftar slot ini juga bisa kalian lakukan dengan mencantumkan slot utama pada setiap adegan dan akan mengidentifikasi semua karakter, lokasi sampai property yang ada dan digunakan saat shot.

5. Membuat Papan Panel Cerita

Membuat Papan Panel Cerita

Dan yang terakhi panel papa akan berbentuk kotak di atas lembaran kertas kosong. Dimana kalian bisa isi dnegan gambar dari setiap shot di daftar, kalian juga bisa membeli blok panel di sebuah toko perlengkapan seni atau menggambar panel kalian sendiri. Kalian harus menggambar empat sampai dengan 6 kotak yang ada di kertas berukuran kuarto.Dengan jarak ini, kalian bisa melakukannya menjadi sebuah film animasi yang menarik dan menawan.

Untuk kalian yang ingin dan memiliki cita-cita sebagai penulis dan pembuat film kartun. Kalian bisa menggunakannya dengan beberapa cara diatas ini. SDimana lakukan beberapa cara yang bisa kalian lakukan diatas ini.  Lakukan beberapa daftar diaas ini agar hasil yang kalian dapatkan juga akan berkualitas dan menarik dicoba. Sekian informasi ini kami sampaikan, semoga dapat memberi wawasan dan pengetahuan untuk kaluan smeua!

Anda mungkin juga suka...